Cara Membaca Tab Gitar Melody - Mengenal Tabulasi Guitar Pemula

CARA MEMBACA TAB GITAR MELODY
MENGENAL TABULASI GUITAR PEMULA



Bisa membaca tab gitar emang bakalan sangat berguna banget buat loe yang pengen serius di dunia musik, hal yang satu ini wajib baget diketahui oleh musisi - musisi apalagi buat loe yang sekolah musik atau ngambil kursus musik dalam hal ini gitar ini akan sangat mempermudah pembelajaran dan juga mempermudah penyampaian materi dari pengajar. Selain itu buat para musisi yang pengen negbagiin hasil kulikanya juga bisa di bagiin peke tab gitar ini karna selain praktis juga nggak ribet harus  bikin - bikin vide lesson, nah buat loe yang udah tahu apa itu tab gitar sekarang kita bakal belajar bagaimana cara membacanya.





[caption id="" align="aligncenter" width="573"]tab gitar, tabulasi gitar, membaca tab gitar, mengenal tab gitar, tab gitar adalah Cara Membaca Tab Gitar Melody - mengenal tab guitar[/caption]



Loe Mesti Tahu Koponen Tab Gitar



pertama labang string ( Senar ) yang biasanya di gambar pake garis kaya ( ---------) dengan awal garis dengan nada yang mewakili senar tersebut misalnya ( A ) untuk contoh detailnya kaya :



E |--------------------------- [ Senar ke 1 ]
B |----------------------------[ Senar Ke 2 ]
C | ---------------------------[ Senar ke 3 ]
G |----------------------------[ Senar ke 4 ]
A | ---------------------------[ Senar ke 5 ]
E | ---------------------------[ Senar ke 6 ]


Untuk tambahan biasanya senar ke 1 yang biasa di gitar paling bawah di tab ini biasanya ditulis di paling atas. Senar 1 E paling atas kalo di gitar berarti senar e paling bawah.




Cara Membaca Simbol Di Tab Gitar



nah kalo loe udah tau struktur senarnya sekarang kita bakalan bahas simbol yang biasanya ditulis untuk memwakili sebuah letak [ fret ] atau tekhik yang digunakan



E |---1------------------------ [ Senar ke 1 ]
B |------2---------------------[ Senar Ke 2 ]
C | ---------3-----------------[ Senar ke 3 ]
G |------------4---------------[ Senar ke 4 ]
A | --------------5------------[ Senar ke 5 ]
E | -----------------6---------[ Senar ke 6 ]


Cara membacanya dari arah kiri untuk senar pertama berarti bunyikan fret kesatu dan senar 2 buyikan senar 2 dengan cara dipetik dst.



E |---1------------------------ [ Senar ke 1 ]
B |---1------------------------[ Senar Ke 2 ]
C | ---1------------------------[ Senar ke 3 ]
G |---1-----------------------[ Senar ke 4 ]
A |---1-----------------------[ Senar ke 5 ]
E | ---1-----------------------[ Senar ke 6 ]



Nah kalo simbolnya sejajar kayak gini berarti lo bunyiin bareng - bareng di fret 1, untuk yang seperti ini biasanya ditulis pada saat rythem berjalan.



Mengenal Simbol Tehknik Pada Tab Gitar


Biasanya pada sebuah tab gitar kita bakalan nemuin simbol - simbol yang mewakili tkhnik permainan gitar contohnya seperti :




  • S atau / biasanya mewakili tekhnik Sliding pada permainan gitar

  • P biasanya mewakili tekhnik Pull-of

  • h biasanya mewakili simbol hammering

  • b atau ^ biasanya mewakili simbol untuk tehnik bending


untuk lebih jelasnya lihat tab dibawah ini :

E |---1p3-----------------------------[ Senar ke 1 ]
B |----------2\7----------------------[ Senar Ke 2 ]
C | ---------------3^5-----------------[ Senar ke 3 ]
G |------------------------------------[ Senar ke 4 ]
A | -----------------------------------[ Senar ke 5 ]
E | -----------------------------------[ Senar ke 6 ]

Penjelasan skema tabulasi di atas adalah :

  • Untuk senar satu menggunakan tekhink pull-of yaitu petik senar 1 fret ke 1 lalu bunyikan fret ke 3 tanpa melakukan petikan.

  • Untuk senar ke 2 petik senar pada fret ke 2 lalu bunyikan fret ke 7 tanpa memetik senar yauti dengan mengeser atau slide dari fret ke 2 sampai fret ke 7

  • Untuk yang senar ke  3 adalah teknik bending yaitu petik senar pada fret ke 3 lalu tarik senar ke atas hingga bunyi nada tersebut sampai pada fret ke 5


Mungkun penjelasan ini masih kurang lengkap namun saya rasa ini cukup untuk pemula yang baru mengenal tab dan untuk selanjutnya saya kira bisa sobat eksplore sendiri. Atau jika sobat masih bingun sobat bisa tanyakan di kolom komentar di bawah ini, sekian artikel ini semoga bermanfaat dan jangan pernah berhenti berkarya.

 

" Cara membaca tab gitar melody - mengenal tabulasi guitar pemula "