Tips & Cara Membuat Lagu Sendiri - Menulis Lirik & Aransemen

Tips & Cara Membuat Lagu Sendiri


Lagu memang merupakan sebuah hal yang mutlak diciptakan oleh seorang musisi karena karya inilah yang akan menjadi penentu bagi lo yang pengen sukses di dunia musik baik itu sebagai solo karir maupun membentuk sebuah band. Lagu / musik selain dapat dikomersilkan juga sebagai sarana komunikasi yang dapat mewakili perasaan dari si penulis maupun yang mendengarkan lagu. Membuat sebuah lagu ini tidak terlalu sulit dan kalo ngomongin bakat memang sangat berpengaruh tapi segede apapun bakat kalo gak pernah diasah yah lama-lama bakal ilang.





[caption id="" align="aligncenter" width="325"]menulis lagu, membuat lagu, menulis lirik Tips & Cara Membuat Lagu Sendiri, Menulis Lirik[/caption]



Dan buat lo yang mungkin lagi iseng penyen bikin lagu buat pacar mungkin atau loe sebenernya punya angan - angan buat bikin lagu tapi bingun mau kayak gimana, nah sekaran ini gue bakalan bagi tips buat loe yang mau nyoba bikin lagu sendiri. Yah kali aja bagus dan bisa masuk dapur rekaman kan enak, dan berikut adalah tips dan cara menulis lagu.

Buat Syair / lirik Lagunya Dulu


Cara pertama yang paling umum dilakukan dalam pembuatan lagu adalah dengan menulis syair lagunya dulu, disini loe bisa bikin reffnya dulu pke kata-kata sederhana dan gak usah ribet-ribet dulu. Setelah itu lo bikin syairnya sampai bener-bener kelar.


Bikin syair ini emang gak langsung jadi begitu saja tapi lo juga mesti aransemen ulang syairnya biar bisa bener-bener nyatu sama lagu / nadanya. Kalo ada yang kurang misalnya jumlah suku kata kan bisa berpengaruh nadanya jadi loe tinggal aransemen aja.
Oiya sama ada tambahan kalo udah bikin 1 tema / syair jangan diganti - ganti dulu kerjain ampe bener - bener kelar jangan berganti - ganti tema / syair tapi cukup kata - katanya saja



Buat Aransemen musik


Dalam pembuatan lagu loe bisa pake kunci dasar dulu mainin setrumming ( genjreng ) atau bisa juga pke petikan abis itu lo pasin dulu sama lirik lagu yang tadi lo buat. Setelah itu baru lo aransemen musiknya berdasarkan gaya musik yang suka lo mainini misalnya kayak rubah pemakaian kunci dasar ke kunci 5 untuk musik rock.
Disini lo juga bisa nentuin tempo lagu lo misal cepat lambat atau sedeng tergantung genre musik yang lo mainin



Masukin Instrumen lain


Kalo misanya loe bikin lagu baren temen se-band loe, loe bisa langsung pasin lagu yang abis lo bikin ini sama intrumen lain yang bisa dimainin sama temen lo misanya pasin drummnye sama bassnya juga. Disini loe jangan sampai lupa untuk merekam setiap kali loe maini lagu yang sedang loe buat ini tujuanya untuk melakukan perbaikan / aransemen mana yang kurang pas atau sinkron atau nggak fals.




Rekam Lagu Yang Sudah Jadi


Untuk yang terakhir jangan lupa untuk merekam lagu yang udah lo buat biar bisa lo simpen atau di publikasiin kaya lewat Youtube atau blog dan sekarang juga udah banya tempat - tempat rekaman yang nyedian paket rekaman dengan harga yang sangat terjangkau.


Nah itu tadi tips cara membuat lagu dari gue semoga dapat bermanfaat dan jangan pernah berhenti berkarya karena karya yang besar tidak di dapat dari cara yang instan bahkan seorang dewa musik sekalipun pasti butuh perjuangan untuk sampai di puncak. salam....


" Tips & Cara Membuat Lagu Sendiri "